PSIS Adaptasi Latihan Perdana di Bulan Puasa

Skuat PSIS Semarang kembali berlatih setelah libur selama tiga hari, dari Minggu hingga Selasa. Latihan perdana di bulan puasa ini dilakukan di Lapangan Futsal Nikita, Magelang, Rabu (8/5/2019) sore WIB.

Pelatih fisik PSIS Semarang, Budi Kurnia, mengatakan, pemilihan latihan di lapangan futsal terkait dengan adaptasi pemain.

“Ini hari pertama kita latihan setelah libur selama tiga hari kemarin dan juga perdana di bulan puasa. Jadi kita adaptasi training, walaupun di sesi ini kita juga ada curi-curi untuk menyisipkan latihan fisik,” kata Budi Kurnia seusai latihan, Rabu (8/5/2019).

Latihan fisik yang disisipkan pada sesi tersebut juga sebagai persiapan menghadapi Arema FC pada laga uji coba di Stadion Moch Soebroto, Sabtu (11/5/2019) malam WIB.

“Ini H-3 sebelum kita tanding lawan Arema. Berarti disini, ada latihan-latihan yang harus kita berikan, terutama speed agility. Walaupun mereka puasa, tapi materi ini tetap harus diberikan, karena kebutuhan individu pemain harus tetap dipenuhi,” ucap Budi Kurnia.

Pelatih asal Garut itu juga berujar, ada perbedaan kondisi fisik pemain di bulan puasa. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor asupan nutrisi yang berbeda dari biasanya.

“Jelas kondisi pemain berbeda, yaitu dari segi tenaga mengingat jam makan untuk sarapan sekarang sahur. Dari sahur ke latihan otomatis tidak ada asupan apa pun. Nah, dari situ agak mempengaruhi kondisi pemain,” tutur pria berusia 29 tahun itu.

“Tapi bukan berarti kita menurunkan secara drastis materi latihan, baik itu volume maupun intensitas. Memang ada penurunan, tapi tidak signifikan,” tuturnya lagi.

Share Now

Related Post

Leave us a reply